Jelajah
IMG-LOGO

Karangrejo Wakili Magelang dalam Gelar Desa Wisata Jateng 2022

Create By 07 November 2022 337 Views

Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, menjadi salah satu desa yang terpilih sebagai peserta Gelar Desa Wisata 2022 tingkat Jawa Tengah. Desa yang tak jauh dari lokasi Candi Borobudur tersebut mewakili Kabupaten Magelang bersaing dengan puluhan desa dari seluruh Jawa Tengah untuk menjadi desa wisata terbaik.

 

Desa Karangrejo ditunjuk oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Magelang karena dinilai memiliki paket wisata yang cukup komplet. Karangrejo memiliki beberapa objek wisata yang menarik seperti Punthuk Setumbu, Candi Borobudur, Balkondes Karangrejo, Bukit Rhema atau yang lebih dikenal dengan objek Gereja Ayam yang sempat viral di film Ada Apa dengan Cinta 2, dan Bukit Barede.

 

Wisatawan juga bisa menikmati proses produksi gula jawa Gubuk Kopi Karangrejo, berbagai atraksi wisata, seperti kesenian tradisional, workshop kerajinan, edukasi UMKM, kunjungan destinasi dan traditional farming.

 

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karangrejo juga mengelola transportasi wisata  menggunakan kendaraan jenis jeep maupun VW Safari untuk berkeliling desa menikmati suasana dan destinasi wisata yang ada di desa ini.

 

Potensi yang ada di Desa Karangrejo memiliki kesesuaian dengan kriteria penilaian Gelar Desa Wisata 2022, yaitu memiliki paket wisata, menerapkan pembayaran digital, memiliki homestay, dan memiliki atraksi seni budaya. Selain itu, desa sudah menerapkan CHSE dalam pengelolaan pariwisata setempat. CHSE adalah Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan). Protokol CHSE adalah satu dari sekian ikhtiar Kemenparekraf guna mewujudkan pariwisata Indonesia yang siap dan sesuai dengan 4 aspek tersebut.

 

Lomba Gelar Desa Wisata 2022 akan dilaksanakan pada 7 s.d 27 November 2022. Pemerintah Desa Karangrejo berharap seluruh pihak memberikan dukungan agar dapat bersaing dengan desa-desa lain. Tak lain dan tak bukan, prestasi yang kelak didapat akan mengangkat pamor pariwisata di kawasan Kabupaten Magelang.